Dio samudra
Gunakan keyboard untuk menscroll halaman

Senin, 24 Maret 2014

0 Kemajuan Teknologi Masa Kini


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!
   Tidak pernah tahu kapan terjadinya perubahan teknologi saat ini yang semakin kencang, yang terlihat tak habis-habinya. Bayangkan banyak pembaharuan-pembaharuan yang terjadi akibat teknologi sekarang ini. Teknologi yang berkembang secara 1X24 jam membuat manusia berbondong-bondong menghasil sebuah karya yang berbasis teknologi super canggih.
Sehingga sumber daya alam di Bumi semakin menciut akibat ulah manusia yang tak sadar menghancurkan dunia secara perlahan-lahan. Semakin banyak penemuan-penemuan manusia akan memperpendek kehidupan di Bumi, yang akan berdampak pada lingkungan dan manusia itu sendiri dan makhluk hidup lainnya.
Teknologi yang bersifat merusak lingkungan sudah tidak dapat diberhentikan lagi, sebab kepenuhan pribadi manusia akan teknologi seakan tidak akan pernah habis. Di zaman modern ini, manusia haus akan teknolgi super canggih, bahkan demi membutuhkan teknologi untuk zaman ini bukan perkara yang sulit.
Semua dapat diakses ke media online maupun media cetak, sangat gampang untuk dimuat oleh semua orang. Saat ini banyak teknologi yang berbasis cepat, mempermudah pekerjaan manusia dan lain-lain, contohnya smart phone, mobil-mobil sport, TV android, perkembangan roket luar angkasa dan peralatan-peralatan militer. Untuk itu, banyak investor berbondong-bondong mengeluarkan teknologi terbarunya yang akan dipasarkan demi kebutuhan konsumen.
Untuk itu terciptalah teknologi yang merupakan instrumen utama masyarakat dalam mencapai kesejahteraan melalui penciptaan nilai tambah. Kajian mendalam telah menemukan bahwa teknologi sebenarnya merupakan hasil dari suatu proses yang terdiri dari rangkain sub proses penelitian dan pengembangan, rekayasa , desain, manufaktur, dan pemasaran.
Di sini teknologi diciptakan manusia melalui penerapan budi daya akalnya, teknologi mereka berdasarkan “nalar”, dan kemudian membuatnya, merekayasanya menjadi suatu produk yang konkrit. Berkembanganya dengan cepat dan prioritas yang tinggi bagi umat manusia, yaitu material, energi, mikroelektronik, dan bioteknologi.
Saat ini telah diciptakan Samsung smart TV yang akan diluncurkan pada 2014, TV ini tanpa menggunakan remote yang menjadi salah satu piranti untuk mengakses televisi. Namun seiring perkembangan teknologi, perangkat hiburan ini telah dilengkapi fitur pintar salah satunya suara. Sederet fitur baru tersebut pastinya akan membuat penggunanya menjadi kian “malas”.
Untuk dunia mobil, sudah dikeluarkan BMW X5 eDrive Hybrid untuk kenyamanan penggunanya dan ada juga rumor mengenai smartphone yang bisa dilipat seperti dompet agar mempermudah dibawa kemana-mana. Bukan hanya itu, teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki andil yang besar dalam hal sarana pembelajaran. Karena seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah merasuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan.
Suatu hal yang tentunya menjadi gebrakan di dunia pendidikan dalam ajang peningkatan potensi pelajar. Selain itu, gelombang kemajuan dan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah membawa perubahan pada kehidupan dan gaya hidup pelajar yang lebih dinamis.
Dengan adanya hal tersebut, maka pelajar senantiasa menghidupkan dan menyalurkan semangat untuk mengeksplorasi ilmu yang belum diketahui.Teknologi memiliki keuntungan bagi orang yang menggunakannya. Misalkan saja dalam hal berbagi informasi, para pelajar dapat mengakses informasi dunia dengan cepat dan mudah, sehingga mereka dapat menyadari bahwa dunia seakan berada di genggaman mereka. Lalu bagaimana tahun 2030 yang akan datang? Mungkin manusia tidak lagi berjalan di tanah, transportasi akan dilakukan di atas tanah dan dibantu oleh robot-robot pembantu yang diciptakan manusia. Apakah mungkin hal ini bisa terjadi? Tentu, kalau manusia tidak memikirkan alam yang ada di bumi ini lagi.
Manusia akan sibuk dengan penemuan-penemuan teknologi terbaru yang akan memanjakan mereka, lalu ini akan berdampak pada sumber daya alam, yang akan kian habis oleh teknologi. Namun, masih ada manusia yang masih peduli akan sumber daya alam. Karena pada zaman ini, sumber daya alam sudah hampir musnah akibat teknologi yang berkembang sangat pesat.
Untuk itu manusia harus sadar akan sumber daya alam yang akan  memberi kenyaman bagi manusia itu sendiri, bukan hanya dengan teknologi kenyamanan ada. Maka dari itu perlu kesadaran untuk kita semua bahwa alam harus kita lestarikan demi kelangsungan hidup. Mudah-mudahan sumber daya alam akan tetap ada untuk manusia baru yang akan datang. Jadi manusia yang akan datang bisa menikmati kekayaan yang ada di Bumi. Jangan sampai dengan kemajuan teknologi ini membuat kita lupa akan pentingnya kelestarian alam untuk manusia dan makhluk hidup lainnya.
Jadi kesimpulannya, perkembangan teknologi yang semakin marak dan maju saat ini bisa menjadi dampak yang positif selama kita tahu batasan-batasan dari sebuah kebutuhan yang menjadi bahan pokok utama untuk mempermudah kehidupan kita dengan cara berkomunikasi yang semakin beragam. Kemajuan ini sudah seharusnya kita syukuri dengan cara menggunakkan dengan sebaik-baiknya dan menyadari akan sumber daya alam yang memberi kenyamanan bagi makhluk hidup yang ada di dunia, jangan sampai mengarah pada hal-hal negatif lainnya.

Sumber: http://myzone.okezone.com/content/read/2013/12/28/11947/kemajuan-teknologi-masa-kini

0 komentar:

Posting Komentar